Sejarah dan fotografi dalam kehidupan sehari – hari

Advertisements

Kata fotografi sudah tidak asing lagi didengar ditelinga kita. Fotografi tidak bisa terlepas dari yang namanya kamera, Tukang foto, objek, film dan foto. Seiring perkembangan zaman dan teknologi semakin canggih semua orang bisa menjadi tukang foto atau istilah kerennya photographer. Hal ini dapat kita lihat perihal fotografi dalam kehidupan sehari – hari salah satunya adalah foto makanan sebelum makan.

Banyak dari kita melakukan hal yang serupa, saya dan kace – kace lainnya pun pernah melakukan hal yag sama. Iya kan kace ?? But its ok, moment harus diabadaikan.

Moment tidak dapat diulang tapi dapat diabadikan.

So.. Capture Your moment .

Sebelum kace membahas sejarah fotografi ada baiknya kace membahas pengertian dari fotografi itu sendiri. Fotografi berasal dari kata Photos yang artinya cahaya dan Graphos artinya Menulis/melukis.

Fotografi adalah proses melukis dengan menggunakan media cahaya.

Sejarah fotografi bermula jauh sebelum Masehi. Pada abad ke-5 Sebelum Masehi (SM), seorang pria bernama Mo Ti mengamati suatu gejala. Jika pada dinding ruangan yang gelap terdapat lubang kecil (pinhole), maka di bagian dalam ruang itu akan terefleksikan pemandangan di luar ruang secara terbalik lewat lubang tadi. Mo Ti adalah orang pertama yang menyadari fenomena kamera obscura.

Berabad-abad kemudian, banyak yang menyadari dan mengagumi fenomena ini, sebut saja Aristoteles pada abad ke-3 SM dan seorang ilmuwan Arab Ibnu Al Haitam (Al Hazen) pada abad ke-10 SM, yang berusaha untuk menciptakan serta mengembangkan alat yang sekarang dikenal sebagai kamera.

Seorang ahli perbintangan mematenkan alat berupa kotak penangkap bayangan gambar yang mulanya digunakan untuk meneliti konstelasi bintang-bintang secara tepat.

 

Ilmuan asal Itali melakukan percobaan dengan alat rekam gambar bernama “Camera Obscura”, sebuah kotak yang membantu pelukis menangkap bayangan gambar.

 

Advertisements

Seorang berkebangsaan Inggris pada tahun Seorang berkebangsaan Inggris pada tahun 1782 menemukan suatu metode untuk memindahkan gambar atau lukisan yang terdapat pada sebidang kaca dengan cahaya ke atas kertas atau kulit yang dibuatnya peka terlebih dahulu. 1782 menemukan suatu metode untuk m emindahkan gambar atau lukisan yang terdapat pada sebidang kaca dengan cahaya ke atas kertas atau kulit yang dibuatnya peka terlebih dahulu.

 

Tahun 18 16 dia berhasil membuat gambar negatif dengan cahaya diatas kertas. Proses yang disebut heliograver pada tahun 1826 inilah yang akhirnya menjadi awal sejarah fotografi sebenarnya

 Dapat membuat permanen hasil pemotretannya dan  1939, Dagverre dinobatkan sebagai orang pertama yang berhasil membuat foto yang sebenarnya

 

Tahun 1855 Fox Talbot berhasil membuat potret rumahnya dengan kamera buatannya sendiri yang diberi nama “Pinhole Camera”,

 

Advertisements

Tahun 1888 Eastman memasarkan kamera box yang mudah cara menggunakannya. Pada umur 77 Eastman memiliki suatu perusahaan besar yaitu Eastman Kodak Company.

 

Semoga bermanfaat.. Selamat hunting kace..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *