Menonaktifkan Update Windows 10

windows update
Advertisements

Kalian pernah gak dik, diam – diam kuota internet habis tanpa ninggalin jejak saat online menggunakan laptop atau komputer?

Oh ya salam jumpa kembali yah, terlalu lama kace dan kace yang lain fakum dari dunia layar lebar kami, mungkin diakibatkan aktifitas yang tak bersahabat dengan waktu 24 jam sehari. Wah ngelu ya dik padahal nyari – nyari alasan doang, tapi tetap kok kami akan kembali buat adik pembaca setia kami.

Kembali ke topik yah, dulu kace juga pernah ngalamin tuh kejadian itu, kuota internet yang baru – baru dibeli belum cukup sehari tiba – tiba tidak bisa internetan lagi. Sederat prasangka negatif pun muncul mengkambinghitamkan provider penyedia layanan internet, layanan tak sebanding dengan harga lah, layanan internet terlalu boros kuotalah, nyumpahin providernya lah, sampe berikrar gak mau lagi gunain layanan provider tersebut…hehehh

notconnected

Akhirnya karena bikin kesal sampe terheran – heran, kace pun googling menelusuri beberapa artikel yang muncul dari kata kunci “kuota internet habis” dan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa khusus pengguna windows 10, ternyata setiap perangkat terhubung ke internet maka sistem akan mengecek secara auto update package yang disediakan oleh Microsoft dan hal tersebut tidak terkonfirmasi ke pengguna. Gila gak tuh dik, gimana gak ke gembos kuotanya? bayangkan satu package update windows 10 saja estimasi size-nya bisa sampai ber-Gigagiga loh dik, bagaimana jika lebih dari itu?

Advertisements

“Maafin yah Allah sudah bersuudzon tanpa tabayyun terlebih dahulu”

Nah lantas solusinya gimana agar tidak terulang kembali? Sebenarnya ada beberapa solusi dalam mengatasi hal tersebut seperti mengedit registry yang bikin otak menggunakan memory yang lebih banyak, dan lain – lain. Namun untuk kali ini kace memberikan trik tercepat dan mudah dipahami “2 Step & Solved”

  • Press Windows logo pada keyboard dan typing Services
  • Open services dan search Windows Update

services

  • Open windows update dan pilih pada dropdown Startup Type, Disable lalu apply namun jika tidak berhasil coba stop terlebih dahulu dan pilih disable kembali lalu apply. silahkan restart maka sistem Auto Update pada device adik tidak akan berjalan lagi.services_finish
Advertisements

Semoga bermanfaat dan membuat kantong adik minimal lebih irit. Heheheh

Salam – kaceRais

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *