Sekilas tentang kamera digital dan istilah fotografi

Advertisements

Halooo para pembaca setianya kace. Selamat tahun baru tentunya juga semangat baru. Masih ingat dengan postingan sebelumnya mengenai arti dari fotografi ??? Masih ingat dong, kalau tidak kace ingatkan lagi dengan kunjungi link ini . Kali ini kace akan membahas mengenai kamera digital dan istilah – istilah wajib yang harus diketahui dalam fotografi, monggo disimak.

Era kamera analog sudah berakhir dan di gantikan era kamera digital. Yang membedakan kedua jenis kamera ini, sesungguhnya hanya media perekamannya semata. Pada era analog, media perekamannya adalah film celloloid, sekarang medianya dalam bentuk digital yaitu sensor.

Adanya perbedaan media perekam ini dalam bentuk digital maka dalam melakukan aktifitas fotografi digital, kita akan dimudahkan. Mudah bukan berarti akan serta merta mendapat/membuat foto yang berkualitas, tapi tetap harus mengaju pada dasar-dasar fotografi.

Kenapa dikatakan lebih mudah, karena :

  • Keberadaan menu-menu untuk melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan.
  • Adanya LCD. Keberadaaan ini akan memudahkan untuk melakukan pengontrolan hasil foto, baik dari segi pencahayaan, ketajaman/fokus maupun komposisi.
  • Adanya pengaturan penggunakan WB serta ISO.

Agar foto – foto yang dihasilkan berkualitas tentunya adiknya kace harus tau beberapa istilah berikut :

  • Exposure / Pencahayaan

Komponen Exposure ada tiga macam :

1. Shutter Speed / Kecepatan Rana

Shutter Speed adalah kecepatan membuka dan menutup nya cermin pantul yang ada pada kamera. Perhitungan 1 stop adalah 1/60s, 1/100s, 1/200, 1/400, 1/800 dst.

Semakin cepat membuka dan menutup, maka cahaya yang masuk semakin kecil/ sedikit ( 1/60s – 1/100s).  Sebaliknya, semakin lambat, maka cahaya yang masuk semakin banyak ( 1/400s – 1/100s ).

2. ISO

ISO adalah kepekaan sensor dalam merekam sebuah cahaya. Hitungan 1 stop adalah 100, 200, 400, 800, 1600 dst. Konsekuensi menggunakan iso tinggi, adalah mudahnya timbul noise.

Semakin tinggi ISO, semakin peka dalam merekam cahaya atau semakin terang cahaya bisa direkam. Sebaliknya, semakin rendah ISO semakin kurang peka merekam cahaya atau semakin gelap cahaya yang bisa di rekam.

3. Diafragma

Diafragma/Aperture adalah besarnya cahaya melalui lensa yang diteruskan ke sensor. Angka diafragma adalah f/2.8, f/4, f/5.6, f/8, f/11 dst.

Semakain kecil angkanya ( diafragma besar ), maka semakin banyak cahaya yang bisa melewati. Sebaliknya semakin besar angka ( diafragma kecil ), maka semakin sedikit cahaya yang bisa melewatinya.

Advertisements

Sampai disini adiknya kace sudah pahamkan ? Kalau begitu kace kasi tugas

Buat contoh exposure dengan mengkombinasikan ketiga unsur diatas! Selamat Bekerja..

  • White Balance

White Balance adalah keseimbangan warna putih. Cahaya mempunyai temperatur yang di ukur dengan satuan Derajat Calvin ( K ).

Untuk lebih paham silahkan cek kameranya, silahkan utak – atik menu wbnya pasti akan terlihat perubahannya.

  • Histogram

Histogram sebagai suatu grafik yang menggambarkan pola penyebaran cahaya dan warna dalam sebuah foto.

  • Flash

Flash pada dasarnya di bagi dalam dua jenis, yaitu Flash Internal dan External. Flash juga sering di gunakan sebagai cahaya pengisi atau biasa Fill In flash, yang berguna untuk menerangi pada objek, baik secara keseluruhan maupun sebagian.

Flash Internal sudah terpasang pada body kamera, hingga  tidak bisa di pisahkan, sedangkan Flash external dapat di lepas pasang. Kelebihan flash external dapat di letakkan pada posisi yang anda inginkan. Selain itu kemampuan flash external lebih tinggi di bandingkan dengan internal.

  • Komposisi

Komposisi adalah susunan dalam foto. Banyak macam jenis komposisi, tapi yang paling populer sejak sampai sekarang adalah  THE RULE OF THIRDS. Jenis komposisi ini adalah membagi 3 bagian dalam foto, baik pada sisi panjang maupun sisi pendek.

Semoga dengan mengetahui beberapa istilah diatas fotonya adik bisa tambah keren.

Advertisements

Trimakasih dan selamat hunting

sumberfoto: google.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *