Cara Membuka Situs Yang Diblokir

cara-membuka-blokir-situs-di-google-chrome
Advertisements

Seringkali saat menggunakan wifi public kita tidak bisa mengakses website yang kita inginkan. Tentu bukan tanpa alasan sang Administrator melakukan blokir terhadap website-website pemakan bandwidth seperti youtube dan website sosial media lainnya khususnya di lingkungan kampus apalagi website dengan port yang tidak lazim menjadi korban pemblokiran ini. Kalau sudah seperti ini tentu akan sangat menyebalkan bukan. Nah pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara membuka situs yang diblokir.

Menggunakan Ekstensi Web Browser

Cara ini adalah yang paling umum digunakan oleh para pendobrak blokade. Bermodalkan google kita bisa dengan mudah mencari tools untuk memuluskan aksi kita. Yang paling terkenal adalah tools yang bernama Browsec.

browsec-chrome

Untuk yang menggunakan Google Chrome bisa didapatkan disini:

Download Browsec Google Chrome

Untuk yang menggunakan Mozilla Firefox bisa didapatkan disini:

Download Browsec Mozilla Firefox

Klik tombol Add to Chrome untuk memasang Browsec pada google chrome. Setelah itu akan muncul sebuah icon baru disamping address bar.

browsec-extension

Kemudian klik Protect Me untuk mengaktifkan Browsec. Setelah itu teman-teman sudah bisa mengakses website yang tadinya di blokir. Sangat mudah bukan. Oh iya Browsec ini juga tersedia pada platform android jadi teman-teman tidak usah khawatir.

Selain Browsec sebenarnya banyak sekali ekstensi pada browser yang bisa kita gunakan seperti UltraSurf, ZenMate VPN, dan masih banyak lagi.

Menggunakan Web Proxy Lain

Pada cara ini kita tidak perlu mendownload atau menginstall tools apapun. Caranya cukup mudah. Kita tinggal mencari situs penyedia layanan web proxy di google dengan keyword Free Web Proxy. Nantinya kita tinggal memilih mau menggunakan yang mana saja. Salah satu yang cukup terkenal adalah ProxySite.

proxy-site

Advertisements

Kita tinggal memasukkan url atau alamat website yang kita tuju kemudian klik tombol Go. Adapun beberapa alternatif dari ProxySite yaitu HideMe dan CroxyProxy.

Menggunakan Tor dan Proxifier

Setelah mencoba kedua cara diatas dan belum berhasil sepenuhnya, well selamat datang di the ultimate guide cara membuka situs yang diblokir. Cara ini yang biasanya saya gunakan di kampus saat semua port diblokir (selain port 80 tentunya). Disini kita akan menggunakan 2 macam aplikasi yang harus di-install pada komputer kita.

Aplikasi yang pertama yaitu TorBrowser. Silahkan teman-teman download dan install sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

tor-browser-logo

Aplikasi berikutnya adalah Proxifier. Sayangnya aplikasi ini hanya berjalan pada platform MacOS dan windows saja.

proxifier-logo

Setelah berhasil mendownload kedua aplikasi di atas, silahkan teman-teman menginstall pada komputernya masing-masing. Selanjutnya yang perlu teman-teman catat adalah aplikasi TorBrowser wajib dijalankan terlebih dahulu sebelum menjalankan Proxifier.

torbrowser

Setelah aplikasi TorBrowser terbuka, teman-teman bisa minimize saja asalkan tidak ditutup. Kemudian jalankan aplikasi Proxifier nya.

Advertisements

proxifier-desktop

Setelah itu teman-teman minimize saja aplikasi Proxifier-nya. Dan silahkan mencoba untuk mengakses situs yang diblokir tadi. Biasanya saya menggunakan cara ini saat port 21 untuk ftp diblokir dan port 22 untuk ssh juga tidak bisa akses.

Banyak jalan menuju roma kapten, jika teman-teman mempunyai trik lain untuk membuka situs yang diblokir mungkin bisa di share di kolom komentar. Akhir kata semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini yaa.

Author: kaceManaf

Founders of kcdev.id, freelance full stack web developer and also a web-tech wanderer. Passionate about code readability and simplicity. https://www.linkedin.com/in/nafplann/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *