Cara Kerja Kamera DSLR

Advertisements

Minggu lalu kace telah membahas nama dan fungsi tombol pada kamera DSLR. Kace harap adiks masih ingat. Untuk merefresh ingatan adiks silahkan kunjungi nama dan fungsi tombol kamera par I dan nama dan fungsi tombol kamera part II. Pernahkah adiks berfikir bagaimana cara kerja kamera DSLR ? atau sudah taukah adiks kepanjangan dari kamera DSLR ? Yang belum tahu silahkan baca artikelnya kace dibawah ini tentang pengertian kamera DSLR dan cara kerja kamera DSLR.

DSLR adalah kependekan dari Digital Single lens Reflex. Dalam bahasa yang sederhana, DSLR adalah kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Viewfinder adalah lobang kecil dibelakang kamera tempat kita mengintip obyek foto.

  1. Lensa
  2. Cermin Pantul (reflex mirror)
  3. Shutter
  4. Sensor
  5. Layar focusing
  6. Lensa condenser
  7. Pentaprisma
  8. Viewfinder
Advertisements

Berikut adalah cara yang sangat sederhana untuk menjelaskan bagaimana kamera DSLR kerja.

  • Saat kita mengintip di lobang viewfinder dibelakang kamera, apapaun yang kelihatan disitu adalah apa yang kan menjadi hasil akhir foto. Pantulan cahaya dari obyek foto masuk melewati lensa lalu menuju cermin pantul-(2) yang kemudian memantulkan cahaya tersebut ke pentaprisma-(7). Pentaprisma mengubah cahaya vertikal ke horisontal dengan mengarahkan cahaya menuju dua cermin terpisah, lalu masuk ke viewfinder-(8).
  • Saat kita memotret, cermin pantul/reflex mirror-(2) berayun keatas dan membiarkan cahaya terus maju dengan lurus. Shutter-(3) kemudian membuka sehingga cahaya tadi masuk ke sensor digital-(4). Shutter-(3) tetap akan terbuka selama waktu shutter speed yang ditentukan dan sensor-(4) akan terus merekan informasi cahaya. Kalau sudah selesai, maka reflex mirror-(2) akan kembali ke posisi awal sehingga cahaya dari lensa akan terpantul keatas dan kembali muncul di viewfinder.
  • Proses berikutnya adalah proses yang terjadi di sensor digital-(4) dimana gambar diolah oleh komputer (processor) didalam kamera. Processor akan mengambil informasi yang terekam di sensor, mengubahnya  menjadi format yang sesuai lalu menuliskannya ke dalam memory card. Seluruh proses memakan waktu yang sangat sedikit dan beberapa DSLR profesional dapat melakukannya 11 kali dalam satu detik.

Semoga bermanfaat. Wassalam.

Advertisements

kaceUthe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *