Apa itu iphone rekondisi dan refurbished

Advertisements

Apa itu iPhone resmi, refurbished dan iphone rekondisi?

sumber : google

Jenis produk apple yang beredar di pasaran indonesia ada beberapa jenis, namun tidak ada yang garansi resmi apple. Mungkin adiks akan mengatakan kok bisa kace mengatakan tidak ada garansi resmi apple yang beredar di indonesia? Terus gimana dengan produk apple yang dijual di ibox? Simak baik-baik artikel ini sehingga adiks bisa lebih paham, kace akan jelaskan di bawah.

Pasaran smartphone saat ini apalagi untuk iphone di dominasi oleh iphone refurbished dan rekondisi, kita dengan sangat mudah bisa menemukan iphone dengan harga yang sangat miring dan hampir gila di pasaran. Bayangin aja, harga iphone yang beredar di pasaran baik yang ada di toko ataupun jualan online dijual dengan harga miring bahkan setengah dari harga penjualan resmi iphone tersebut, misalnya nih iphone 6 yang di jual distributor resmi dengan harga 8juta, sudah bisa di dapatkan dengan harga 4jutaan dengan garansi distributor nonresmi atau bahkan tanpa garansi.

sumber : google

Adapun iphone yang dijual dengan harga gila tentunya bukan tanpa kekurangan, iphone dengan harga murah biasanya adalah refurbished ataupun parahnya lagi adalah rekondisi. Kalaupun refurbhised resmi apple masih mendingan, soalnya sparepartnya dan pengerjaannya masih dilakukan dan di tangani oleh teknisi apple, yang parah kalau iphone tersebut adalah rekondisi distributor.

Pertama-tama kace akan menjelaskan apa itu iphone refurbished dan apa itu iphone rekondisi, kalau blackmarket saya rasa adiks-adiks sudah pada tau apa itu produk blackmarket. Iphone refurbished adalah iphone rusak atau cacat pabrik yang penjualannya ditarik oleh apple kemudian diperbaiki oleh teknisi apple dan dijual kembali dengan harga murah. iPhone refurbished masih mengunakan sparepart asli dan dikerjakan oleh teknisi profesional apple dan biasanya masih diberikan garansi 1 tahun oleh apple. Adapun salah satu tanda apple refurbished adalah kotaknya sangat simple warna putih tanpa adanya embel-embel gambar iphone di kotak dan adanya tulisan “apple certified pre-owned”.

sumber : google

Nah ini nih yang parah, iPhone rekondisi. iPhone rekondisi distributor adalah iphone second atau iphone rusak yang di perbaiki oleh distributor nonresmi dan biasanya oleh distributor abal-abal. iPhone rusak yang sparepartnya sudah rusak parah kemudian di perbaiki sebisa mungkin sehingga bisa kembali menyala, bahkan ada yang sampai di jumper. Kondisi mesin iphone rekondisi biasanya sangat memprihatinkan, biasanya hanya casingnya saja yang mulus. Adapun LCD, Batteray, dan yang lainnya adalah non ori alias KW, ada juga sih yang ORI tergantung dari kerusakan iphone yang di perbaiki tersebut. Iphone rekondisi biasanya hanya bertahan 3 bulan, ada juga sih yang sampai setahun, tapi butuh keberuntungan. Iphone rekondisi biasanya diberikan garansi 2 minggu atau 1 bulan oleh penjualnya, adapun yang memberikan garansi 1 tahun tapi apabila iphone tersebut rusak, distributornya tidak bisa dihubungi atau iphone tersebut tidak bisa di claim garansi.

Sumber : google

iPhone rekondisi yang dibeli yang katanya baru dan buka dos ketika imei atau serial numbernya di cek di situs apple akan ditemukan informasi bahwa coverage and service repair iphone tersebeut sudah lama expired, bahkan kace pernah dapat kasus iphone temen kace rekondisi yang imei dan serial numbernya tidak terdaftar di apple, alhasil iPhone tersebut baru 1 bulan LCD dan touchscreennya sudah rusak pas di claim garansi malah susah banget smpai gak bisa claim garansi dan harus ongkos sendiri ganti LCD.

Advertisements

Selanjutnya adalah iphone garansi distributor resmi, ini nih yang kace katakan pada awal artikel bahwa di indonesia tidak ada iphone dengan garansi resmi apple, kalaupun mau beli iphone garansi resmi apple yah silahkan ke apple store singapura. Kalau ada apple dari singapura yang dijual di indonesia itu artinya blackmarket. Di indonesia sendiri tidak ada toko resmi apple yaitu apple store, adapaun yang selama ini dikenal toko resmi apple seperti ibox atau m3gallery adalah bukan toko resmi apple, mereka hanyalah distributor resmi produk apple di indonesia, jadi mereka yang menangani penjualan produk apple secara resmi di indonesia, adapun garansi yang diberikan adalah garansi resmi dari distributor tersebut, bukan garansi resmi dari apple.

sumber : google

Jadi kace saranin adiks hati-hati jika ingin beli iphone dan tergiur dan harga gila murah, adiks harus teliti sebelum membeli. Saran kace sih kalau bener-bener pengen banget punya iphone tapi gak mampu beli baru dengan harga yang sangat mahal dari distributor resmi, saran kace mending beli second hand atau bekas tapi bekas dari pembelian distributor resmi, biasanya harga bekas dari konsumen yang beli dari distributor resmi lumayan mahal, bahkan harga bekasnya biasanya seharga iphone yang katanya baru tapi rekondisi atau refurbished dari distributor nonresmi. Tapi kalau soal kualitas iphone tidak usah diragukan yang dari distributor resmi, tapi adiks harus tetap jeli sebelum membeli, harus benar-benar teliti memeriksa jika ingin membeli iphone second, dari segi fisik dan software harus adiks periksa secara teliti. Dan yang penting lagi iphone tersebut belum pernah bongkar mesin. Kualitas ketahanan iphone resmi apple atau yang sama dengan yang dijual distributor resmi sangat bagus, bahkan biasanya setelah pemakain 2 tahun yang bermasalah palingan hanya batrei saja.

Bisa juga adiks membeli iPhone bekas yang dibeli konsumen dari toko apple store luar negeri yang dikenal dengan iphone ex international. iPhone yang dibeli dari tangan pengguna yang membeli iphone tersebut diluar negeri bukanlah disebut blackmarket karna kita belinya sama pengguna yang bisa jadi membeli iphone tersebut pas mereka keluar negeri atau nitip sama temen diluar negeri untuk di belikan iphone tertentu. jadi beda sama iphone blackmarket yang memang ada pasar tertentunya yang menjual iphone khusus selundupan atau yang tidak melewati pajak. kualitas iphone internationalpun tentunya bagus karna di beli di apple store.

Okey sekian artikel kace kali ini, semoga bermanfaat buat adik-adik. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, kace akan lebih semangat membalas komentar adiks dari pada membalas chat mantan.

 

Advertisements

Salam

KaceAdi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *